Unsolved Mysteries Bag. 3: Galeri Makhluk-makhluk Raksasa

Sumber: Scribd.com
Sumber aslinya tidak menyertakan gambar. Meskipun dari kalimatnya ada suatu rujukan pada gambar tertentu. Situs rujukannya sendiri (www.unsolved-mysteries.net) sudah tidak aktif.

BAGIAN 3
GALERI MAKHLUK-MAKHLUK RAKSASA

Makhluk aneh dari zaman primitif?

Dinosaurus hidup di zaman Mesozoic. Beberapa dari mereka berukuran besar, liar, dan brutal, sementara beberapa hidup di air, dan yang lainnya dapat terbang. Mereka bisa jadi merupakan model sungguhan dari para naga dan monster dalam mitos-mitos, legenda, cerita rakyat. Tapi manusia dikatakan tak pernah hidup bersamaan dengan dinosaurus yang punah sekitar 60 juta tahun lalu. Di Gua Cosquer, selatan Prancis, terdapat beberapa lukisan batu yang terlihat seperti penafsiran (penggambaran—penj) yang cocok dengan karakter dinosaurus.

Selain itu, ada pula dua koleksi kontroversial: koleksi dari Pater Crespi, Ica, Peru, dan koleksi dari Dr. Javier Cabrera, Acambaro, Meksiko. Kedua koleksi objek aneh ini menimbulkan pertanyaan apakah dinosaurus dan manusia pernah hidup bersamaan.

Koleksi dari Ica terdiri dari bebatuan dan sosok-sosok yang terbuat dari tanah liat dan menjadi milik Dr. Javier Cabrera. Bentuk motifnya memperlihatkan makhluk-makhluk menakjubkan, pemandangan dan wilayah tak dikenal, pekerjaan, dan banyak dinosaurus dan makhluk raksasa nan aneh lainnya yang hidup bersama dengan manusia bermata besar.

Lokasi ditemukannya objek-objek tersebut tidak diketahui pasti. Para ilmuwan menyatakan bahwa koleksi tersebut palsu.

Koleksi dari Acambro, Meksiko, terdokumentasi secara detail. Penemuan pertama terjadi pada tahun 1944 oleh Waldemar Julsrud. Ribuan sosok digali di dekat kota Acambro dan di barat laut Mexico City antara tahun 1944 dan 1952. Konon koleksi tersebut memuat lebih dari 75.000 keping, sekarang ada sekitar 33.000 keping. Terdapat sosok-sosok manusia asing dan makhluk raksasa aneh.

Pada tahun 1954, sebuah pengujian dilakukan oleh Instituto Nacional de Antropologia e Historia (National Institute of Anthropology and History of Mexico), ketuanya adalah Dr. Eduardo Noguera, seorang sejarawan. Dalam sebuah laporan dinyatakan bahwa segala sesuatunya dilakukan dengan benar selama penggalian. Tapi secara resmi para arkeolog melontarkan kritik. Di tahun 1968, dilakukan penentuan usia yang menghasilkan kesimpulan bahwa material tersebut berusia sekitar 6.500 tahun. The Applied Science Centre of Archaeology di museum Universitas Pennsylvania juga meneliti usia objek tersebut. Usianya ditetapkan: mereka menetapkan objek tersebut bertanggal 2.400 sampai 2.700 SM. Hasil ini dijamin/diperkuat dengan 18 pemeriksaan (control measurement).

Pengujian baru-baru ini menunjukkan bahwa beberapa sosok tersebut kuno dan asli dan sebagian lagi modern. Ini berarti koleksi itu memuat campuran kepingan kuno dan modern.

“Crypto-animal” di Gua Cosquer
Pada tahun 1991, seorang penyelam bernama Henri Cosquer melapor ke kementerian kebudayaan Prancis bahwa dirinya menemukan gambar dan ukiran prasejarah di sebuah gua di laut yang terletak di selatan Prancis (Cap Morgiou). Gua tersebut diteliti dan beberapa palaeontolog melakukan pengujian usia dengan menggunakan karbon. Gambar-gambar tersebut berusia antara 18.000 dan 27.000 tahun, lebih tua dari gambar di Lascaux yang terkenal itu. Tak hanya usianya yang aneh dan luar biasa, tapi juga bentuk motifnya, seperti pinguin.

Dinosaurus, naga, makhluk-makhluk raksasa

03.01 Arca dari keramik

03.02 Arca dari keramik
Objek ini terlihat seperti makhluk raksasa atau makhluk fantasi. Kedua kaki depannya hilang.

03.03 Arca dari keramik
Arca makhluk raksasa tegak dengan hidung seperti belalai dan kaki depannya terangkat.

03.04 Arca dari keramik
Sosok ini tidak terlihat seperti seekor dinosaurus, tapi merupakan makhluk raksasa mirip monster.

03.05 Arca mirip dinosaurus, terbuat dari keramik
Arca makhluk mirip kadal, berdiri dengan kaki belakang. Objek ini menimbulkan kontroversi di lingkungan ilmiah. Apakah objek ini merupakan peninggalan dari kebudayaan yang punah atau kepingan dari seni modern?

03.06 Arca mirip dinosaurus, terbuat dari keramik
Sosok dari tanah liat ini adalah makhluk raksasa berkepala kecil, berleher panjang, dan berekor. Terlihat seperti apatosaurus.

03.07 Arca mirip dinosaurus, terbuat dari keramik
Makhluk yang berjambul pada punggungnya ini terlihat seperti stegosaurus. Apakah ia seekor dinosaurus atau naga dalam mitos? Sebenarnya, seberapa tua sosok-sosok dalam koleksi Acambro ini?

03.08 Topeng dari keramik, beserta dua dinosaurus
Ini adalah kepingan yang digunakan oleh Mr. Julsrud pada cover bukunya. Penemuan ini memperlihatkan dua hewan jenis kadal yang sedang memegang sebuah topeng wajah berukuran besar. Selama bertahun-tahun, mereka telah rusak sejak berada dalam koleksi. Mereka tidak rusak sejak zaman purba, atau saat dalam koleksi Julsrud. Terdapat fotonya secara keseluruhan. Sekarang satu ekor dan satu tangan pada kadal yang kiri hilang. Topengnya juga rusak pada bagian atas mulut.

03.09 Arca kecil “kadal terbang”
Arca luar biasa ini terlihat seperti kadal terbang dari keluarga pterodactyl. Namun, sepengetahuan kita tak ada hewan yang benar-benar terlihat seperti ini. Hewan tersebut berdiri menggunakan kaki dan ekornya sebagai tripod (kaki tiga, seperti dudukan kamera-penj). Menarik untuk dicatat bahwa ia memiliki jambul terulur pada kepalanya dan di ujung paruhya terdapat mulut yang kecil, lebih dari sekedar paruh. Di bagian sisi terlihat adanya sisik, sementara pada ujung sayap dan kepalanya tidak. Sisik ini mengesankan sesuatu (menimbulkan cap/jejak-penj) pada tanah liat yang lembab. Objek ini merupakan salah satu dari beberapa objek yang setidaknya mirip dengan dinosaurus sungguhan. Ia sebenarnya lebih mirip Rodan (dalam film horor Jepang) daripada pterodactyl. Dinosaurus-dinasurus lain yang mirip dengannya adalah triceratop, beberapa patosaurus, dan stegosaurus. Makhluk-makhluk lain yang tergambarkan dalam koleksi tersebut lebih mirip sosok fantasi daripada sosok sungguhan.

10.10 Kepala dari tanah liat dengan karakteristik yang asing
Objek luar biasa ini terbuat dari tanah liat yang memang telah memiiliki bentuk. Mata, lubang hidung, dan mulutnya dibentuk dengan tekstur tanah liat. Tanpa lubang hidung, objek ini akan terlihat seperti kepala kalkun. Namun, dengan lubang hidung, ia lebih mirip tyrannosaurus rex.

10.11 Sosok dari tanah liat, spesies tak dikenal
Arca kecil ini dibentuk dengan sangat kasar. Dari semua hewan yang kita kenal, tak ada hewan dari jenis ini. Bentuknya kekanak-kanakan dan primitif. Terdapat sekitar enam artefak yang memperlihatkan karakteristik sama.

10.12 Sosok dari keramik
Terlihat seperti suatu jenis kadal. Kepala dan thoraksnya sangat besar jika dibandingkan dengan perut dan ekornya. Matanya dikerjakan dengan cara applique.
(Applique: Pemotongan pola kain dan menyematkannya pada kain lain-penj).

10.13 Keramik makhluk raksasa
Makhluk ini mengingatkan kita pada vampir. Barangkali ini adalah penggambaran Chupacabra, monster mirip vampir dalam dongeng Amerika. Sejak pertengahan tahun 90-an, muncul banyak laporan dari warga yang menyatakan melihat makhluk berkaki 2, panjang kakinya sekitar 1,2 – 1,5 m yang terlihat seperti campuran dengan gigi taring. Banyak penampakan yang dilaporkan dari Puerto Rico, Texas, Florida, dan Meksiko. Di sana ditemukan bangkai-bangkai ayam, domba, sapi, dan terutama kambing, tanpa darah dan hanya dengan satu luka.

10.14 Sosok dari tanah liat, tanpa lengan
Makhluk mirip katak ini tidak memiliki lengan. Beberapa keping dari koleksi Acambro ini telah rusak. Ada beberapa keping lainnya yang ditemukan dalam keadaan rusak. Beberapa lagi rusak setelah diangkut dan dikemas.

Kepingan-kepingan dari kebudayaan tak dikenal

15.15 Wadah dari tanah liat beserta tiga kaki
Banyak objek perkakas sehari-hari yang telah ditemukan di Acambaro. Wadah ini beserta tiga kaki dan dekorasi adalah contohnya. Kebudayaan mana yang memproduksi barang tembikar ini?

15.16 Wadah dari tanah liat dengan ukiran simbol salib
Mangkuk yang terbuat dari tanah liat dengan ukiran: beberapa salib. Salib bukan hanya simbol Kristen. Ia juga merupakan simbol kosmik untuk persatuan langit dan bumi, di zaman kuno, terutama di Mesopotamia dan Amerika kuno.

15.17 Fragmen dari tanah liat beserta “firaun”
Potongan ini memperlihatkan sosok manusia dengan atribut yang hanya diketahui berasal dari Mesir. Beberapa kritik menyatakan koleksi ini palsu karena adanya objek seperti itu. Lalu mengapa seseorang bersedia menempa ribuan keramik tanpa menghasilkan uang?

15.18 Stele dengan ukiran wajah
Pada stele kecil ini terukir sebuah wajah dan dekorasi-dekorasi. Kegunaan objek ini tidak dijelaskan. Mungkin ini adalah sebuah persembahan untuk dewa atau orang mati.
(Stele: Batu lemping atau pilar tegak lurus yang biasanya dipahat atau diukir, khususnya untuk batu nisan-penj)

15.19 Keramik dengan ukiran wajah dan ornamen-ornamen
Objek ini memperlihatkan seorang manusia tak dikenal dengan tutup kepala. Ukiran kepalanya memperlihatkan pola-pola geometris.

15.20 Kepala dari tanah liat beserta hiasan kepala
Sosok ini mengenakan sebuah tutup kepala yang mengingatkan kita pada serban. Beberapa keping koleksi Acambaro memperlihatkan orang-orang dengan tutup kepala yang aneh dan mencolok. Apakah sosok-sosok yang digambarkan tersebut adalah orang-orang yang meninggal dunia? Ataukah ini merupakan sebuah pemberian untuk para leluhur? Dalam setiap budaya dan agama selalu ada fenomena hadiah persembahan.

15.21 Potret dari tanah liat dengan hiasan kepala
Kepala arca ini merupakan kepingan kuno yang otentik dan orisinil. Ia mungkin berasal dari peradaban Olmec. Ia mungkin berasal dari tahun 1000 SM sampai 400 M. Perhatikan bahwa applique digunakan untuk membuat hiasan kepala tersebut, begitu juga dengan mata dan anting-antingnya.

15.22 Sosok yang sedang duduk, terbuat dari keramik

15.23 Sosok dari tanah liat dalam pose ritual
Bisa jadi sosok ini adalah seorang pendeta atau pemuka dalam sebuah pose ritual. Matanya tertutup sedangkan mulutnya terbuka. Ekspresi wajahnya mengingatkan kita pada Olmec, tapi hiasan kepalanya terlihat seperti Indian di Amerika Utara. Apa kegunaan dari objek ini?

15.24 Piring dari tanah liat dengan ornamen-ornamen
Artefak ini dihiasi dengan garis-garis, gelombang-gelombang, dan pola-pola geometris.

15.25 Arca kecil manusia
Selain menyematkan mata, hidung, dan mulut melalui proses applique, sosok manusia mengenakan suatu jenis kerudung. Kerudung ini memiliki garis seni yang sangat indah, namun diyakini sebagai pembawaan modern.

15.26 Peninggalan dari tanah liat, “segi U”
Kepingan ini terdapat kira-kira 10 buah dalam koleksi Acambaro. Ini disebut segi “U”. Jelas ini kepingan yang sangat mudah untuk dibuat.

15.27 Arca kecil dari tanah liat
Arca jarinya sangat kasar. Lengan dan kakinya terputus. Wajahnya dibuat melalui metode applique. Mata kirinya telah berkurang. Yang menarik adalah letak kalungnya dan cap di dalam mata.

Perkakas kuno dari Acambaro

15.28 Mata panah dari obsidian
Ini adalah Mata panah dari obsidian. Ini merupakan sebuah artefak kuno yang otentik. Berasal dari sekitar tahun 100-500 M. Barangkali ini ada hubungannya dengan peradaban Chespicuaro.
(Obsidian: Batu yang gelap dan seperti kaca, terbentuk dari lava-penj)

15.29 Mata panah dari obsidian
Kepingan luar biasa ini berupa mata panah dari obsidian. Mungkin berasal dari peradaban Chespicuaro. Barangkali ini digunakan dalam memburu critter kecil seperti kadal atau burung.

15.30 Mata pisau dari obsidian
Ini merupakan pecahan dari mata pisau obsidian. Kalau sebuah batu obsidian (kaca vulkanik) digunakan pada biji-bijian, irisan-irisannya pasti berjatuhan. Objek ini sangat tajam dan digunakan sebagai pisau. Ini adalah salah satu dari koleksi mata pisau itu.

Kepingan-kepingan kuno dari Acambaro, diperkuat dengan analisis lab

15.31 Kepala arca dari tanah liat
Kepingan dari koleksi Acambaro ini diuji oleh para ilmuwan dan terbukti sebagai benda kuno otentik. Dekorasi pada kepala, mata, dan anting-antingnya, dibuat dengan metode applique. Penemuan ini mungkin berasal dari peradaban Olmec.

15.32 Sampel tanah liat
Ini adalah sampel tanah liat dari alas yang terbuat dari tanah liat lokal. Sampel ini sesuai cocok dengan semua barang tembikar Acambaro. Ini adalah sumber bahan asli yang digunakan untuk membuat arca-arca itu.

15.33 Kepala anjing berukuran kecil
Objek ini berupa kepala anjing berukuran kecil yang terbuat dari tanah liat, ditemukan di ruang pengawas kami di Acambaro. Kepingan ini berasal dari masa Olmec pra-klasik.

15.34 Patung dada kecil, terbuat dari tanah liat
Patung dada ini mungkin berasal dari peradaban Chespicuaro. Ini adalah artefak yang otentik. Kepalanya terbelah.

15.35 Kepingan patung kecil dari tanah liat
Ini adalah patung tanah liat yang sangat keras. Lengan, kaki, dan separuh batang tubuhnya hilang. Tidak terdapat dahi, sementara punggungnya rata, ini sangat tidak biasa. Kepingan ini tidak seperti arca kecil kuno lainnya.

15.36 Fragmen arca kecil dari tanah liat
Kaki kanan dan kepala pada arca kecil yang luar biasa ini hilang. Objek ini merupakan arca seorang wanita hamil. Objek ini mungkin kuno meskipun sangat kasar. Kepingan ini diperkirakan berasal dari kira-kira tahun 100-200 SM.

15.37 Potongan gagang periuk dari tanah liat
Ini adalah kepingan kuno yang otentik. Yaitu berupa potongan gagang periuk. Berusia kira-kira 500-1000 tahun.

Daftar Unsolved Mysteries:
Unsolved Mysteries Bag. 1: Tantangan untuk Teori Evolusi
Unsolved Mysteries Bag. 2: NOMOLI – Pengawal Bebatuan Langit
Unsolved Mysteries Bag. 3: Galeri Makhluk-makhluk Raksasa
Unsolved Mysteries Bag. 4: Rahasia Tulisan-tulisan yang Tak Terbaca
Unsolved Mysteries Bag. 5: Aula Pengetahuan

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 32 other followers

%d bloggers like this: