Bumi di Alam Semesta

Oleh: sufiroshan
www.scribd.com/doc/27298791/Allah-Universe-Space-Science-Apnilife

Bandingkan Bumi dengan Planet Lain.

Sekarang Bandingkan dengan Uranus dan Neptunus.

Sekarang Bandingkan dengan Matahari.Dibanding Matahari, Bumi seperti bintik kecil. Pikirkan!! Di mana Anda berada sekarang?



Setelah kita membandingkan Bumi dengan Matahari, mari kita bandingkan Matahari dengan Alam Semesta.

Bintang-bintang terdekat dari Matahari.
Bintang yang terdekat dengan Matahari hanya 7000 kali lebih jauh dari tepi tata surya kita. Peta ini memperlihatkan semua sistem bintang yang terletak dalam jarak 12,5 tahun cahaya dari kita.

Lingkungan Surya. Alam Semesta dalam jarak 250 tahun cahaya.Peta ini adalah sebidang angkasa berisi 1.500 bintang paling terang dalam jarak 250 tahun cahaya. Semua bintang ini jauh lebih berkilau dari Matahari dan sebagian besar bisa dilihat dengan mata telanjang. Sekitar sepertiga dari bintang yang bisa dilihat dengan mata telanjang tersebut berada dalam jarak 250 tahun cahaya, meskipun ini hanya bagian kecil galaksi kita.

Pojok galaksi Bima Sakti. 4.000 tahun cahaya.Matahari terletak di Lengan Orion – lengan yang agak kecil dibandingkan Lengan Sagitarius, yang terletak lebih dekat dengan pusat galaksi. Peta ini memperlihatkan beberapa bintang yang bisa dilihat dengan mata telanjang yang berlokasi jauh di Lengan Orion. Kelompok bintang paling penting di sini adalah bintang-bintang utama di rasi Orion – nama lengan spiral ini berasal dari situ. Semua bintang ini merupakan bintang cemerlang raksasa dan super-raksasa, ribuan kali lebih berkilau dari Matahari. Bintang paling berkilau di peta ini adalah Rho Cassiopeia – 4.000 tahun cahaya jauhnya, ia redup jika dilihat dengan mata telanjang, tapi kenyataannya merupakan sebuah bintang super-raksasa yang 100.000 kali lebih berkilau dari Matahari kita.

Alam Semesta dalam jarak 50.000 tahun cahaya. Galaksi Bima Sakti.Sebuah galaksi spiral yang berisi sekurangnya 200 miliar bintang. Matahari kita terkubur dalam Lengan Orion sekitar 26.000 tahun cahaya dari pusat. Ke arah pusat Galaksi, bintang-bintang terkumpul bersama secara jauh lebih berhimpit dibanding di tempat kita berada. Perhatikan pula keberadaan gugus bintang globular kecil yang terletak di luar bidang Galaksi, dan perhatikan keberadaan sebuah galaksi dwarf dekat – dwarf Sagitarius – yang secara perlahan ditelan oleh galaksi kita.

Sekarang!! Bisakah Anda menemukan tata surya kita di Bima Sakti.Walaupun Bima Sakti merupakan satu dari miliaran galaksi di alam semesta, Galaksi kita ini mempunyai signifikansi istimewa bagi manusia, karena ini adalah rumah tata surya. Sebagai pedoman mengenai skala fisik relatif Bima Sakti, seandainya galaksi ini dikurangi menjadi berdiameter 130 km (80 mil), tata surya hanya akan berlebar 2 mm (0,08 inchi).

Alam Semesta dalam jarak 500.000 tahun cahaya. Galaksi-galaksi satelit.Jumlah galaksi besar dalam jarak 500.000 tahun cahaya = 1. Jumlah galaksi dwarf dalam jarak 500.000 tahun cahaya = 1. Jumlah bintang dalam jarak 500.000 tahun cahaya = 225 miliar. Bima Sakti dikelilingi oleh beberapa galaksi dwarf, tipikalya mengandung beberapa puluh juta bintang, yang tak signifikan dibandingkan jumlah bintang di Bima Sakti sendiri. Peta ini memperlihatkan galaksi-galaksi dwarf terdekat, mereka semuanya terikat gravitasi ke Bima Sakti, memerlukan miliaran tahun untuk mengorbitnya.

Alam Semesta dalam jarak 100 juta tahun cahaya. Supergugus Virgo.Jumlah kelompok galaksi dalam jarak 100 juta tahun cahaya = 200. Jumlah galaksi besar dalam jarak 100 juta tahun cahaya = 2.500. Jumlah galaksi dwarf dalam jarak 100 juta tahun cahaya = 25.000. Galaksi kita hanyalah satu dari ribuan galaksi yang terletak dalam jarak 100 juta tahun cahaya. Peta di atas memperlihatkan bagaimana galaksi-galaksi cenderung menggugus menjadi kelompok-kelompok, gugus dekat terbesar adalah Gugus Virgo, sekumpulan beberapa ratus galaksi yang mendominasi kelompok-kelompok galaksi di sekitarnya. Secara kolektif, semua kelompok galaksi ini dikenal sebagai Supergugus Virgo. Gugus terkaya kedua di volume angkasa ini adalah Gugus Formax, tapi ia hampir tidak sekaya Gugus Virgo. Hanya galaksi-galaksi cerlang yang dilukiskan di peta, galaksi kita adalah bintik kecil di pusatnya.

Alam Semesta dalam jarak 1 miliar tahun cahaya. Supergugus-supergugus tetangga.Galaksi-galaksi dan gugus-gugus galaksi tidak terdistribusi secara seragam di Alam Semesta, malah mereka berkumpul menjadi gugus besar dan alas dan dinding galaksi yang diselingi ruang hampa luas di mana segelintir galaksi terlihat eksis. Peta di aats memperlihatkan banyak supergugus termasuk supergugus Virgo – supergugus kecil di mana galaksi kita adalah anggota kecilnya. Peta ini adalah kurang lebih 7% dari diameter keseluruhan Alam Semesta tampak.

Alam Semesta dalam jarak 2 miliar tahun

Alam Semesta dalam jarak 14 miliar tahun cahaya. Alam Semesta Tampak.Peta ini berupaya memperlihatkan keseluruhan Alam Semesta tampak. Galaksi-galaksi di alam semesta cenderung berkumpul menjadi bidang dan supergugus galaksi yang mengelilingi ruang hampa luas yang memberi penampilan seperti sel pada alam semesta. Karena cahaya di alam semesta bergerak pada kecepatan tetap, kita melihat objek-objek di tepi alam semesta ketika ia (alam semesta) masih sangat muda, 14 miliar tahun silam.

Sekarang berhenti membandingkan dan mulailah memikirkan pengetahuan dan kekuatan Sang Pencipta dengan melihat ciptaan ini. Tidak pernahkah Anda merenungkan tanda-tanda Sang Pencipta??? Segala puji bagi Tuhan semesta alam, Yang Mahabesar, Mahatahu, dan Mahakuasa. ALLAH. Bisakah Anda membayangkan pengetahuan dan kekuatan Pencipta semesta alam ini???

About these ads

5 comments

  1. Jamulia Malau · · Reply

    Allah menciptakan bintang-bintang dan dunia-dunia yang tidak dapat dihitung oleh manusia tetapi Tuhan dapat menyebut namanya satu persatu. Dunia-dunia yang tidak terhibung itu, dimana Bumi adalah salah satu dari dunia yang berdiameter 12,756 km berputar padai porosnya dan sekaligus mengitari matahari. Jadi setiap planet itu berotasi sambil berevolusi mengitari masing-masing matahari atau bintangnya.

    Perlu diketahui dan disimak, bahwa di dunia-dunia yang lain selain Bumi kita ada kehidupan sama seperti di bumi kita ini. Hanya dari semua planet yang diciptakan oleh Tuhan Allah hanya satu yang jatuh ke dalam dosa yaitu bumi kita, itulah makanya di Bumi kita ada penderitaan, penyakit, kematian sedangkan di planet lain tidak ada penyakit, tidak ada kematian seperti yang kita alami di Bumi ini.

  2. mungkin gak sih dari sekian banyak galaksi di alam semesta tadi ada penghuni’a??
    klo ada, apakah ddlm al-qur’an tercantum?? bagaimana dengan azab mereka kelak?? apakah mereka akan di azab juga seperti manusia di bumi??

  3. kadang ada yg lebih besar dari semesta itu….
    yakni kesombongan dan kebodohan si kita manusia itu sendiri.
    nauzdubillah…..
    maha besar dan suci Allah tuhan semesta alam

  4. @mpe;
    ada gan surat dan ayat berapa ane lupa .
    di situ di jelasin bahwa di langit bertebaran mahkluk Allah yg salah satunya berjalan memakai badanya di sebut dabbah.klo kita sekarang nyebutnya alien kali ya.

  5. Saya mau tanya nih apakah benar galakai bima sakti dan andromanda bertabtakan
    Jadi kalau galakai itu bertabrakan semua planet atau bintang akan bertebaran? Betul engga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 30 other followers

%d bloggers like this: