Kapak Genggam Batu Tertua Eropa Muncul di Spanyol

Oleh: Bruce Bower
Rabu, 2 September 2009
(Sumber: www.sciencenews.org)

Temuan mengindikasikan bahwa kemajuan perkakas terjadi 900.000 tahun lampau, jauh lebih awal dari perkiraan sebelumnya.

Zaman Batu Eropa telah berbalik tajam. Analisis baru menemukan bahwa leluhur manusia yang tinggal di Spanyol modern menciptakan perkakas pemotong batu bermata dua seawalnya 900.000 tahun lampau, hampir dua kali lebih awal dari estimasi sebelumnya untuk pencapaian teknologi ini di Eropa.

Jika terkonfirmasi, penanggalan baru tersebut mendukung ide bahwa pembuatan dan penggunaan peralatan batu berbentuk tetesan air mata, yang dikenal sebagai kapak genggam, menyebar cepat dari Afrika ke Eropa dan Asia yang bermula kira-kira 1 juta tahun lampau, kata geolog Gary Scott dan paleontolog Luist Gibert, keduanya dari Berkeley Geochronology Center di California.

Bukti pembalikan medan magnet Bumi di masa lalu di dua situs arkeologis mengindikasikan bahwa kapak genggam berasal dari 900.000 tahun lampau di satu lokasi dan 760.000 tahun lampau di lokasi satunya lagi, lapor Scott dan Gibert dalam Nature edisi 3 September. Sampai sekarang, sebagian besar periset berpikir bahwa kapak genggam yang ditemukan di dua situs ini dibuat antara 500.000 sampai 200.000 tahun lampau.

Situs kapak genggam Eropa lainnya berasal tidak lebih dari 500.000 tahun lampau. Kontrasnya, kapak genggam berasal dari kira-kira 1,7 juta tahun lampau di timur Afrika. Dan estimasi umur 1,2 juta tahun dan 800.000 tahun untuk kapak genggam dari dua situs Israel mengindikasikan bahwa gaya pembuatan perkakas ini menyebar dari Afrika jauh sebelum kemunculan Homo sapiens sekitar 200.000 tahun lampau. Penggalian di selatan China juga menghasilkan kapak genggam berumur 800.000 tahun (SN: 3/4/00, hal. 148). Fosil-fosil leluhur manusia kuno belum ditemukan bersama artefak China dan Israel tersebut.

Analisis terdahulu atas pembalikan magnetik di situs-situs lain di selatan Spanyol mengindikasikan bahwa perkakas batu bermata satu muncul di sana sekitar 1,3 juta tahun lampau, kata Gibert (SN: 1/4/97, hal. 12). Pergerakan populasi bolak-balik antara Afrika dan Eropa pasti telah terjadi waktu itu, mungkin dengan kapal menyeberangi Selat Gibraltar, dia berhipotesis.

“Dengan demikian pada 900.000 tahun lampau, kita punya bukti tertua kapak genggam di Eropa, yang melambangkan migrasi kedua dari Afrika yang membawa kebudayaan perkakas batu yang baru,” kata Gibert.

“Masa amat tua” yang dikemukakan Scott dan Gibert untuk kapak genggam Spanyol membuat kronologi penempatan Eropa kuno cocok dengan kronologi di Asia, ujar arkeolog Wil Roebroeks dari Universitas Leiden di Belanda. Eropa memiliki relatif sedikit situs perkakas batu dari masa sekitar 1 juta tahun lampau, membuat kita sulit merekonstruksi waktu masuknya populasi kuno ke benua tersebut, kata Roebroeks.

Walaupun umur perkiraan baru untuk lapisan tanah di situs-situs Spanyol tampak kredibel, usulan bahwa kapak genggam di sana pasti merupakan yang tertua di Eropa “setulusnya saya katakan amat nekat,” komentar arkeolog Robin Dennell dari Universitas Sheffield di Inggris. Dalam pandangannya, kedalaman persis kapak-kapak genggam tersebut saat ditemukan beberapa dekade silam masih belum jelas. Mungkin saja temuan ini sebetulnya muncul dari lapisan tanah yang menurut Scott dan Gibert berumur tak lebih dari 600.000 tahun, kata Dennell.

Scott dan Gibert pertama-tama mengidentifikasi posisi geologis pembalikan magnetik tertentu di sedimen di sebuah tepi danau kuno dekat situs-situs Spanyol itu. Penanggalan untuk pembalikan ini sudah ditetapkan dalam studi sebelumnya. Periset membandingkan pergeseran magnetik ini dengan pergeseran magnetik di situs-situs kapak genggam untuk menentukan umur perkakas.

Data ini menyediakan umur minimum untuk temuan di Spanyol. “Umur lebih tua memang memungkinkan tapi akan terasa janggal,” kata Gibert.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s