Remaja Jerman Pecahkan Teka-teki Matematika Berumur 300 Tahun

27 Mei 2012
(Sumber: www.foxnews.com)

DRESDEN, Jerman—Seorang remaja 16 tahun menjadi orang pertama yang memecahkan soal matematika yang dikemukakan oleh Sir Isaac Newton lebih dari 300 tahun silam.

Shouryya Ray memecahkan cara mengkalkulasi dengan tepat lintasan proyektil di bawah [pengaruh] gravitasi dan hambatan udara, demikian bunyi laporan The (London) Sunday Times.

Remaja kelahiran India itu mengaku memecahkan persoalan yang membingungkan para matematikawan selama berabad-abad saat sedang mengerjakan proyek sekolah.

Ray memenangkan penghargaan riset atas usahanya dan dijuluki jenius oleh media Jerman, tapi dia hanya mengaitkannya pada “rasa penasaran dan kepolosan anak sekolah”.

“Saat dijelaskan pada kami bahwa soal itu tak ada jawabannya, saya merenung, ‘Well, tak ada salahnya dicoba,’” ujarnya.

Keluarga Ray pindah ke Jerman ketika dia berumur 12 tahun setelah ayahnya, seorang insinyur, mendapat pekerjaan di sebuah perguruan teknik. Dia bilang ayahnya menanamkan “rasa lapar akan matematika” di dalam dirinya dan mengajarinya kalkulus di usia 6 tahun.

Ayah Ray, Subhashis, mengungkap bahwa kejagoan matematika puteranya dengan cepat melampaui pengetahuannya sendiri.
“Dia tak pernah membahas proyeknya dengan saya sebelum selesai dan matematika yang dipakainya jauh di luar jangkauan saya,” katanya.

Meski tidak berbahasa Jerman sepatah katapun saat tiba di negeri itu, pekan ini Ray akan ikut ujian kelulusan SMU, dua tahun lebih dulu daripada kawan-kawan sebayanya.

Newton mengajukan persoalan ini, menyangkut gerakan proyektil di udara, pada abad 17. Para matematikawan baru mampu menyodorkan solusi parsial hingga sekarang.

Jika prestasi ini dikatakan belum cukup, Ray juga telah memecahkan soal kedua, berkenaan dengan tubrukan benda dengan dinding, yang dikemukakan di abad 19.

Kedua persoalan yang Ray pecahkan berasal dari bidang dinamika, dan solusi Ray diharapkan berkontribusi pada peningkatan presisi di bidang-bidang semisal balistika.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s