Pilihan-pilihan Syaraf

15 September 2015
(Sumber: quantum-mind.co.uk)

Ikhtisar dan resensi makalah karangan Bradley Doll, Katherine Duncan, Dylan Simon, Daphna Shohamy, dan Nathaniel Daw, Universitas New York, Universitas Columbia, www.nature.com/neuro, Nature Neurosciences, Vol. 18, Mei 2015

Tindakan memilih berbasis model melibatkan aktivitas prospektif syaraf.
Otak memiliki dua sistem untuk pembuatan keputusan. Pendekatan pertama adalah menilai perbuatan berdasarkan imbalan/ganjaran yang dihasilkan di masa lalu. Pendekatan kedua, pendekatan berbasis model/contoh/teladan, memakai penilaian yang lebih fleksibel terhadap opsi-opsi baru atau berubah, atau melakukan generalisasi dari hubungan dikenal hingga tak dikenal. Ada banyak bukti bahwa tindakan memilih dan aktivitas syaraf penunjang melampaui penilaian sederhana terhadap riwayat imbalan masa lalu. Komponen-komponen korelasi syaraf bernilai opsi prospektif ditemukan sepanjang korteks frontal, sementara sel-sel tempat di hippocampus mengindikasikan lintasan potensial di masa depan selama navigasi. Sistem kedua berbasis model ini dianggap memanfaatkan komputasi nilai pemilihan tindakan-tindakan potensial di masa depan.

1

(Sel tempat adalah sel di dalam hippocampus manusia/binatang yang melakukan pemrosesan dan penyimpanan informasi tempat, ruang, atau lokasi, memberi semacam panduan tentang lingkungan yang dilaluinya dan posisi dirinya di lingkungan tersebut—penj.)

Data mendukung aktivitas prospektif syaraf
Para penulis melakukan studi untuk menguji asumsi ini. Pengaruh aktivitas prospektif sudah banyak diasumsikan di masa lalu, tapi studi ini menyediakan bukti pertalian yang lebih langsung. Jika tindakan memilih tipe kedua timbul dari penilaian yang dibuat pada waktu memilih, ini akan tercermin pada aktivitas di area-area [otak] yang terlibat dalam tindakan prospektif. Bukti studi mendukung asumsi ini, dengan pertalian kuat antara aktivitas prospektif syaraf dan pilihan-pilihan aktual. Datanya serasi dengan prediksi status-status mendatang, tapi dalam berbagai urutan berlainan. Satu kemungkinan dinyatakan sebagai model dunia yang mewakili status dan tindakan yang dihasilkan oleh status dan tindakan terdahulu.

2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s