Fisikawan Temukan Bukti Bahwa Alam Semesta Adalah “Otak Raksasa”

28 Januari 2013
Sumber: www.social-consciousness.com & www.huffingtonpost.co.uk

Ide alam semesta sebagai “otak raksasa” telah diusulkan oleh para ilmuwan—dan penulis sains fiksi—selama berdekade-dekade.

Otak Raksasa

Tapi kini fisikawan menyatakan, mungkin ada bukti bahwa itu memang benar. Dalam beberapa hal.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam Scientific Reports di jurnal Nature, alam semesta mungkin sedang tumbuh seperti otak raksasa—di mana letusan elektris antara sel-sel otak “dicerminkan” oleh bentuk galaksi meluas.

Hasil simulasi komputer mengindikasikan “dinamika pertumbuhan alami”—cara sistem berevolusi—adalah sama untuk berbagai macam jejaring, entah itu internet, otak manusia, ataupun alam semesta secara keseluruhan.

Salah satu pengarang studi, Dmitri Krioukov dari Universitas California San Diego, menyatakan bahwa meski sistem-sistem tersebut tampak berbeda, mereka berevolusi dengan cara serupa.

Hasilnya, kata mereka, adalah alam semesta memang tumbuh seperti otak.

Studi ini mengangkat pertanyaan mendalam tentang bagaimana alam semesta bekerja, kata Krioukov.

“Bagi seorang fisikawan, itu sinyal mendesak bahwa ada suatu pemahaman yang luput perihal cara kerja alam,” ungkapnya kepada Space.com. Simulasi milik tim ini membuat model kehidupan awal alam semesta, tak lama pasca big bang, dengan memperhatikan bagaimana satuan-satuan quantum ruang-waktu yang lebih kecil dari partikel subatom “berjejaring” dengan satu sama lain selagi alam semesta tumbuh.

Mereka menemukan, simulasi tersebut mencerminkan simulasi jejaring-jejaring lain. Beberapa tautan antar node menghasilkan pertumbuhan terbatas, sementara yang lain bertindak sebagai simpang untuk banyak sambungan berbeda. Sebagai contoh, sebagian sambungan adalah terbatas dan serupa—seperti seorang penggemar olahraga yang mengunjungi banyak situs olahraga—dan sebagian lagi besar dan tersambung dengan banyak bagian lain dalam jejaring, seperti Google dan Yahoo.

Tidak, itu bukan berarti alam semesta “berpikir”—tapi sebagaimana ditunjukkan sebelumnya di internet, itu mungkin berarti ada lebih banyak kemiripan antara objek kecil dan objek besar daripada kelihatannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s