Oleh: John Spacey
15 Januari 2009 (pembaruan 31 Agustus 2012)
Sumber: Japan Talk

Jepang memiliki ratusan aturan etiket. Kadang ini bisa terasa sedikit mengekang. Tak usah khawatir, ada beberapa hal mengejutkan yang dianggap sopan di Jepang:

1. Berteriak di restoran

Saat Anda butuh pelayan, Anda bisa berteriak sumimasen! (permisi!). Ini sangat bisa diterima. Seseorang akan bergegas datang untuk membantu Anda.

2. Mendorong di kereta

Kereta Tokyo terlalu sesak untuk Anda meminta maaf setiap kali perlu mendorong lembut untuk naik atau turun kereta. Ini praktis.

3. Tidak memberi uang tip

Tak ada kebiasaan memberi uang tip di Jepang. Malah, memberi uang tip dianggap merendahkan.

Sekali terbiasa dengan hal ini, Anda mungkin merasa itu menyegarkan. Praktek memberi uang tip bisa membuat stres pelanggan dan juga pelayan. Tanpa memberi uang tip, dalam kesetaraan, suasana pelayanan jadi lebih santai. Pelayanan di Jepang termasuk yang terbaik di dunia.

4. Tidak menahan pintu

Dalam banyak situasi, kecil kemungkinannya orang Jepang menahan pintu [terbuka] untuk orang asing. Tak ada budaya pria menahan pintu untuk wanita. Bukan berarti pria Jepang tak punya keksatriaan. Itu hanya berarti bahwa keksatriaan tidak terkait dengan menahan pintu.

5. Menghindari pertanyaan

Orang Jepang menghindari konflik, mereka tidak menyampaikan kabar buruk secara blak-blakan. Kritik biasanya diperlunak di Jepang—Anda perlu membaca apa yang tersirat untuk memahaminya.

Dalam beberapa kasus, “tidak” diperlunak menjadi “mungkin”. Orang Jepang juga cenderung menyanjung. Sebagai contoh, orang-orang akan bilang keterampilan bahasa Jepang Anda hebat padahal bahasa Jepang Anda tidak lancar sama sekali.

Orang-orang dari kebudayaan yang lebih blak-blakan mungkin menerima ini begitu saja (gagal membaca suasana). Sesudah itu mereka mungkin merasa dikhianati atau dihina.

Ini merupakan sumber banyak gesekan budaya. Di Jepang, bersikap blak-blakan dengan orang bisa dianggap tidak sopan. Di beberapa budaya Barat, tidak bersikap blak-blakan (terus-terang) bisa dianggap tidak sopan.

Bukan berarti orang-orang Jepang tidak pernah mengungkapkan isi pikiran mereka. Tentu saja mereka melakukan itu.

6. Makan Sushi dengan tangan

Makan segala jenis sushi dengan tangan Anda sangat bisa diterima. Pria lebih lumrah melakukan ini ketimbang wanita.

7. Mencucup

Saat Anda makan mi panas atau dingin (misalnya ramen, soba, dan udon), mencucup senyaring mungkin dianggap sopan. Sulit bagi sebagian orang non-Jepang untuk terbiasa dengan ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s